Berita Aktivitas Merapi Terkini Dari BPPTKG

Pada hari Selasa (5/3/2019) pagi, level aktivitas Gunung Merapi masih dinyatakan Waspada (tingkat 2). Selasa dini hari sampai pagi sekitar pukul 06.00 WIB, tersimpan oleh rekaman sebanyak 6 kali gempa guguran dengan waktu durasi 11-42 detik pada gunung setinggi 2.930 mdpl tersebut

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), memberikan melaporkan terjadinya dua kali guguran lava, dominan mengarah pada Kali Gendol serta memiliki jarak luncur maksimal 400 meter.

Kemudian sehari kemarin, pada Senin (4/3/2019), kegiatan kegempaan Merapi terjadi sebanyak 21 kali guguran, lalu 3 hembusan, 1 hybrid/fase banyak serta 1 kali gempa tektonik.

BPPTKG melakukan pantauan adanya guguran lava berjumlah sebanyak 3 kali yang dominan mengarah ke tenggara (Kali Gendol), dengan kecepatan jarak luncur 300 hingga 800 meter.

Asap solfatara putih juga keluar dari Gunung merapi, intensitas tipis, sedang hingga tebal dengan ketinggian 50 meter di atas puncak.

Berita Aktivitas Merapi Terkini Dari BPPTKG

Berdasarkan sejumlah kondisi dan keadaan tersebut, BPPTKG memberikan rekomendasi sebagai berikut:

1. Masyarakat yang bertempat atau berada di Kawasan Rawan Bencana III dihimbau untuk tetap tenang dan melakukan seperti biasa, dan selalu mengikuti info tentang aktivitas Gunung Merapi.

2. Pada Radius berjarak 3 km dari puncak yang dimiliki Gunung Merapi supaya dikosongkan dari kegiatan penduduk.

3. Pemerintah daerah dan masyarakat supaya melakukan antisipasi terhadap bahaya abu vulkanik.

4. Masyarakat supaya waspada, kepada bahaya lahar terlebih ketika terjadi hujan di sekitar Gunung Merapi.

Baca Juga:

Jika meninjau grafik aktivitas Gunung Merapi sejak pada tanggal 2 Maret 2019, disimpulkan aktivitas dua hari terakhir akan cenderung menurun.

0 Response to "Berita Aktivitas Merapi Terkini Dari BPPTKG"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel