Gambar Ilustrasi Lengkap Dengan Pengertian, Jenis, Fungsi, Tujuan, Prinsip Serta Contoh Gambar Ilustrasi

Dalam artikel ini, Conggado akan memberikan arti atau definisi Gambar Ilustrasi. Selain itu juga akan memberikan pengetahuan tentang jenis-jenis gambar ilustratif. Untuk melengkapi artikel, Conggado.com akan menyediakan contoh macam-macam gambar ilustrasi yaitu ilustrasi komik, ilustrasi tumbuhan, pemandangan dan lainnya. Pengetahuan tentang tujuan dan fungsi lengkap dengan contoh ilustrasi yang memakai teknik menggambar mudah untuk dibuat kami juga akan sediakan. Begitu prinsip, media, dan unsur picture ilustrasi.

Pengertian atau definisi lustrasi adalah kata yang berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang mana kata tersebut memiliki arti menjelaskan atau menerangkan, dengan begitu maksud dari gambar ilustrasi adalah merupakan suatu gambar yang memiliki sifat serta fungsi untuk menerangkan/menjabarkan sesuatu peristiwa. 

Beberapa pendapat juga mengatakan bahwa ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan mirip dengan hiasan saja. Hal tersebut adalah wujud pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu orang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud.

Gambar ilustrasi adalah bagian dari karya seni rupa dua dimensi yang mempunyai tujuan memberikan kejelasan suatu pengertian. Diambil dari 'Wikipedia' bahasa Indonesia, adalah merupakan visualisasi dari suatu tulisan menggunakan cara atau teknik drawing, fotografi, lukisan, yang tidak berbeda dengan teknik seni rupa lainnya, namun lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang diharapkan daripada bentuk/wujud.

Pengertian lain yang dicatat Conggado.com, Ilustrasi gambar adalah picture yang menjelaskan atau memvisualisasikan deskripsi, apakah dalam bentuk sejarah, berita, esai atau skrip. Konsep berbeda atau lain dari ilustrasi adalah gambar yang digunakan untuk melukiskan isi surat tersebut.

Selanjutnya adalah jenis gambar ilustratif. Ada empat jenis pada picture ilustrasi adalah sebagai berikut:

1. Ilustrasi Kantor Editorial adalah ilustrasi yang digunakan untuk menggambarkan manuskrip atau untuk mengisi pada buku, surat kabar serta majalah. Contoh ilustrasi pengeditan adalah:
  • Ilustrasi sebuah sampul buku atau majalah.
  • Ilustrasi gambar manuskrip tentang cerita atau artikel.
  • Komik adalah picture yang hakikatnya sangat mudah dicerna dan menggelikan.
  • Karikatur adalah sebuah gambar lucu namun berisi pesan, satire dan kritik.
  • Kartun adalah gambar dengan pandangan lucu, terkait dengan situasi saat ini.
  • Vignette gambar ilustrasi berbentuk dekoratif yang berfungsi sebagai pengisi bidang kosong pada kertas narasi.
2. Ilustrasi Yang Modis merupakan ilustrasi yang menggambarkan sebuah ide atau desain busana.

3. Ilustrasi Iklan adalah ilustrasi yang digunakan untuk sebuah iklan atau macam-macam iklan.

4. Ilustrasi Sains adalah gambar ilustrasi yang digunakan untuk menggambarkan informasi tertentu dalam sains/pengetahuan, contihnya ensiklopedi, teknik, kedokteran, arsitektur, ruang, dan lain-lain

Macam-macam contoh gambar ilustrasi akan disediakan dibawah ini, semoga menjadi inspirasi anda:

Gambar Ilustrasi Sebuah Sampul Buku atau Majalah


 Gambar Ilustrasi Sebuah Sampul Buku atau Majalah

Contoh diatas adalah gambar ilustrasi cover buku dan majalah, dengan design yang unik dan menarik.

Ilustrasi Gambar Manuskrip Cerita atau Artikel


Ilustrasi Gambar Manuskrip Cerita atau Artikel

Picture ilustrasi diatas adalah contoh untuk sebuah manuskrip suatu cerita dan untuk gambar artikel.

Gambar Ilustrasi Komik


Gambar Ilustrasi Komik

Ilustrasi komik berisi dengan gambar dan percakapan atau teks yang membuat pembaca mengerti isi cerita atau kisah dalam buku komik.

Gambar Ilustrasi Karikatur


Gambar Ilustrasi Karikatur

Karikatur dengan dua orang tokoh pemerintahan.

Gambar Ilusitrasi Kartun
Gambar Ilusitrasi Kartun

Gambar kartun yang unik dengan gambar hewan kuda berwarna coklat.

Vignette


Vignette


Gambar Ilustrasi Tumbuhan


Gambar Ilustrasi Tumbuhan

Gambar untuk contoh ilustrasi tumbuhan berupa pohon yang gugur daunnya.

Gambar Ilustrasi Pemandangan


Gambar Ilustrasi Pemandangan

Pemandangan yang berisi gunung dan air terjun disuasana mejelang sore atau malam hari.

Ilustrasi Yang Modis

Ilustrasi Yang Modis

Ilustrasi modis dengan gambar wanita berbusana kimono membawa payung.

Ilustrasi Iklan 


Ilustrasi Iklan

Ilustrasi Iklan


Ilustrasi Sains
Ilustrasi Gambar Sains

Ilustrasi gambar sains diatas adalah penggambaran DNA makhluk hidup.

Gambar Ilustrasi yang mudah, teknik menggambar ilustrasi lengkap dengan video



Sejarah Gambar Ilustrasi
Konsep mengenai gambar ilustrasi dapat dilihat atau ditinjau kembali ke masa silam melalui lukisan yang dibuat pada dinding prasejarah dan konsep tulisan hierioglif. 

Pada masa ke-emasan ilustrasi Amerika Serikat menurut sejarah, berlangsung pada tahun 1880, yaitu setelah perang dunia I. Sebab hal ini terjadi bersamaan dengan trendingnya surat kabar, majalah, dan buku berilustrasi yang menjadikan adanya eksperimen teknik oleh senimannya. 

Ketika inilah banyak ilustrator yang menjadi kaya dan terkenal. Tema atau niche yang banyak muncul adalah aspirasi bangsa Amerika saat itu.

Selain itu di Negara Eropa, para seniman pada masa ke-emasan terpengaruh oleh kelompok Pre-Raphaelite dan gerakan-gerakan yang berorientasi kepada desain seperti Arts and Crafts Movement, Art Nouveau, dan Les Nabis. Misalnya Walter Crane, Edmund Dulac, Aubrey Beardsley, Arthur Rackham dan Kay Nielsen.

Pada masa sekarang ini, ilustrasi semakin mengalami perkembangan dengan penggunaan banyak piranti atau software pembantu seperti Adobe Illustrator, Photoshop, CorelDraw, dan CAD. Akan tetapi ilustrasi tradisional yang dibuat manual dengan tangan tetap memiliki kualitas dan nilai yang tinggi.

Negara Indonesia, memiliki sejarah tradisi ilustrasi yang mana dapat kita lihat pada lukisan gua yang terdapat di Kabupaten Maros, provinsi Sulawesi Selatan dan di pulau Papua. Jejak tilas ilustrasi yang memiliki umur hampir 5000 tahun itu menggambarkan tumpukan jari tangan berwarna merah terakota. 

Selain lukisan di dalam gua, wayang kulit, wayang beber, wayang golek dalam hiburan tradisional Jawa dan Bali dilihat sebagai ilustrasi yang merepresentasikan alur cerita kisah dalam Serat Mahabarata. Tradisi tersebut kira-kira muncul dan berkembang bersamaan dengan berdirinya kerajaan Sriwijaya yang menganut kepercayaan Hindu di Pulau Sumatera bagian Selatan.

Fungsi Gambar Ilustrasi
Fungsi khusus ilustrasi antara lain:
  • Memberikan bayangan pada setiap karakter di cerita.
  • Memberikan bayangan bentuk alat-alat atau piranti yang digunakan di dalam tulisan ilmiah.
  • Memberikan bayangan langkah kerja.
  • Menghubungkan komunikasi cerita.
  • Menghubungkan tulisan dengan kreativitas dan individualitas manusia.
  • Memberikan humor-humor tertentu untuk mengurangi rasa bosan.
  • Dapat menerangkan konsep.
Prinsip-Prinsip Gambar Ilustrasi
  • Dapat mudah untuk dimengerti dan menarik.
  • Sesuai dengan isi tulisan atau maksud
  • cerita.
  • Sesuai dengan target atau sasaran pembaca ( anak-
  • anak, remaja, dewasa ).
Media Gambar Ilustrasi
  • Cat poster ( tebal / blok ).
  • Cat air ( tipis / transparan ).
  • Pensil ( H, HB, B, B2, B3, B4, B5, B6 ).
  • Konte.
  • Pensil warna.
  • Krayon.
  • Pastel
  • Kuas
Unsur Gambar Ilustrasi

1. Gambar manusia.
Ketika menggambar manusia, pemahaman dalam hal proporsi serta anatomi tubuh manusia, harus dikuasai. Baik tubuh manusia dewasa maupun anak-anak sangatlah penting. Bisa dibilang tidak mudah menggambar ilustrasi manusia. Proporsi adalah perbandingan bagian perbagian atau bagian dengan keseluruhan. Anatomi adalah bentuk, wujud dan kedudukan susunan tulang dan otot yang menentukan besar kecil, cekung atau cembung (menonjol tidaknya) tubuh manusia yang menentukan bentuk wujud keseluruhan tubuh.

2. Gambar binatang.
Dalam menggambar ilustrasi binatang sebenarnya tidak memiliki perbedaan jauh dengan menggambar ilustrasi manusia, yakni menguasai proporsi dan anatominya. Jenis serta bentuk binatang dapat digolongkan menjadi binatang darat, udara dan laut.

3. Gambar tumbuhan.
Dalam menggambar ilustrasi tumbuhan yang memilki anekaragam jenis, memiliki dua cara teknik, yaitu menggambar tumbuhan secara sederhana dan secara lengkap. Saat menggambar ilustrasi tumbuhan secara sederhana, tumbuhan tidak digambar secara men-detail, namun hanya berupa kesan bentuk tumbuhan. Kemudian menggambar secara lengkap, ilustrasi tumbuhan digambar dengan detail dan cermat pada bagian-bagiannya.

Teknik Gambar Ilustrasi
1. Teknik Arsir
Teknik arsiring adalah menggambar dengan membuat garis-garis sejajar atau menyilang untuk mendapatkan gelap terang objek gambar.

2. Dussel
Teknik dussel dalam menggambar ilustrasi berfungsi untuk menetukan gelap terang objek gambr dengan mneggokkan media pada kertas.

3. Pointilis
Teknik pointilis adalah cara menggambar yang berguna untuk menetukan gelap terang dengan menggunakan komposisi titik. Teknik pointilis mempunyai kerumitan yang luar biasa disamping itu memerlukan waktu yang lama.

4. Teknik basah (wet Technique)
Teknik basah, teknik menggambar ilustrasi yang menggunakan cat air dengan cara membasahi kertas gambar dengan air. Gambar yang dihasilkan akan mempunyai kehalusan dalam warna.

5. Teknik kering
Adalah teknik menggambar ilustrasi menggunakan cat air dengan kertas gambar yang kering.

Baca Juga:
Demikian artikel tentang gambar ilustrasi lengkap dengan pengertian, jenis, fungsi, tujuan, prinsip, lengkap dengan contoh gambar. Semoga bermanfaat terimakasih.

0 Response to "Gambar Ilustrasi Lengkap Dengan Pengertian, Jenis, Fungsi, Tujuan, Prinsip Serta Contoh Gambar Ilustrasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel