Jangan Lupa Subscribe Chanel Kami Ya. Mohon Dukungan Dan Motivasinya. Semoga Berkah. Terimakasih.

Metode Belajar Tembang Secara Komprehensif

Konten [Tampil]
Tembang pada dasamya sebuah bangunan yang komplit Kekomplekan tembang membutuhkan pemahaman total. Dalam belajar diperlukan lalihan intensif dan menyeluruh. Ada berbagai ragam yang dapat ditempuh dalam belajar tembang secara komprehensif, yaitu:

1. Metode Titisrana
Artinya belajar tembang menggunakan a1at(srana). Alat yang digunakan dapat berupa apa saja, termasuk perangkat gamelan yang biasa digunakan untuk membantu belajar tembang. Penggunaan gamelan yang lazim antara lain suling dan gender. Kedua alat ini mudah untuk menuntun belajar tembang, sebab nada atau titilarasnya begitu lengkap. 

Namun demikian tidak semua orang mampu menggunakan alat ini, sebab di setiap sekolah atau tempat tidak selalu tersedia, di samping memang membutuhkan ngeng yang luar biasa.

Dalam kaitan ini, orang yang belajar tembang akan berusaha mencocokan antara suara manusia dengan gamelan. Manusia diharapkan dapat menirukan gamelan. Suara gamelan ada Laras pelog clan slendro yang tidak berubah-ubah, meskipun tinggi rendah titilaras gamelan satu dengan yang lain ada perbedaan, Ada gamelan yang bernada tinggi dan ada yang rendah. 

Gamelan adalah media praktis sebagai tuntunan belajar tembang. Bahkan kalau subjek mampu menirukan gamelan, jelas akan lebih bagus olah vokalnya.

Metode Belajar Tembang Secara Komprehensif

2. Metode Titiwarnasari
Artinya metode belajar tembang dengan berbagai cara yang digabungkan. Warnasari berarti gabungan dari aneka strategi. Metode ini biasanya disebut multimedia. Belajar tembang dengan perantara notasi yang ditulis ke dalam media, dilagukan pelan-pelan, per empat suku kata, per baris, dan akhirnya jadi sati pada (bait). 

Biasanya juga ditampilkan figur yang sedang melagukan tembang. Melalui bayangan, ada figur yang melagukan, ada yang menirukan, dan seterusnya. Tayangan bisa dengan audio saja, amu dengan visual. Lagi-lagi dalam proses pembelajaran tetap pada menjrukan suara.

Dari tiga metode itu tampak bahwa meniru adalah strategi yang terbaik. Meniru memiliki daya juang khusus a gar seseorang mudah belajar tembang. Meniru menjadi maskot besar bagi yang hendak belajar tembang. 

Semakin mirip dengan suara yang ditiru, berarti semakin berhasil dalam belajar tembang. Prinsip meniru seakan telah menjadi filosofi orang belajar tembang. Hal ini perlu diingat, sebab point pokok belajar tembang adalah olah suara. Suara itu hanya bisa diakses lewat meniru, agar tepat.


Baca Juga Ya:
Tembang Mijil, Arti Dan Contoh

Terimakasih jangan lupa lik dan share ya. Terimakasih semoga bermanfaat.

0 Response to "Metode Belajar Tembang Secara Komprehensif"

Post a Comment

Jangan Lupa Subscribe Chanel Kami Ya. Mohon Dukungan Dan Motivasinya. Semoga Berkah. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel