Jangan Lupa Subscribe Chanel Kami Ya. Mohon Dukungan Dan Motivasinya. Semoga Berkah. Terimakasih.

Tutorial Cara Membuat Blog Di WordPress Secara Gratis Alias Free

Konten [Tampil]
WordPress dapat digunakan untuk domain, dan dengan hosting pribadi, selain itu juga digunakan untuk secara free alias gratisan. Conggado. com akan membahas secara lengkap dalam cara membuat blog gratis/free di WordPress.com, diisini kita dapat menggunakan dan menikmati semua layanan dengan gratis, apakah itu subdomain serta juga hosting-nya. Langkah berikut ini adalah cara-caranya:

1. Pertama adalah dengan membuka situs WordPress, klik alamat atau URL dibawah ini di web-browser Anda : id.wordpress.com

2. Langkah dua, setelah halaman WordPress terakses, silahkan tulis dan masukkan alamat web yang Anda ingin anda sesuaikan namanya, misalnya contoh-blogku.wordpress.com. kemudian klik tombol 'Buat Situs Web'.

3. Ketiga, akan tampil page atau halam baru. Pada halaman tersebut, Anda akan dimohon mengisi kolom-kolom, persis seperti alamat email yang Anda miliki, nama pengguna (untuk login), password, dan url blog.
  • Alamat email: isi sesual dengan nama alamat email Anda
  • Nama pengguna: Gunakan dan tulis nama Anda atau variasi/nick nama Anda misalnya 'vanessa69', nama tersebut untuk user name saat login ke dashboard WP
  • Password: isi dengan password yang kuat dan tentu mudah untuk Anda ingat
  • Pastikan alamat/URL blog: cek kembali alamat untuk blog yang anda buat, misalnya “contoh-blogku.wordpress.com”
  • Jangan lupa untuk klik link yang bertuliskan 'akan menggunakan alamat yang gratis'

Setelah semua kolom sudah anda isi, langkah selanjutnya klik tombol “Buat Blog” yang ada di posisi bagian bawah.

4. Keempat, Tim WordPress akan mengirimkan link yang digunakan untuk verifikasi ke email Anda. Buka email Anda yang anda gunakan untuk mendaftar, cari dan temukan email dari wordpress.com, setelah itu klik link di dalam email tersebut. 

5. Jika sudah melakukan verifikasi dengan cara jelas seperti pada langkah 4, (klik link verifikasi), nanti akan otomatis terbuka tab halam baru di browser dan disiti dapat anda lihat halaman dashboard WordPress milik Anda. 

6. Langkah Keenam selanjutnya, Jika Anda mengingin membuat sebuah logo atau favicon untuk blog yang baru Anda buat, make logo dan favicon, Anda bisa menggunakan online pembuat logo maker, selai itu di Google Playstore sudah banyak aplikasi untuk membuat logo, dan mudah anda dapatkan serta membuatnya.

Video Membuat Blog WP



Pengaturan Untuk Desain dan PostinganPada Blog WordPress

Sebenarnya langkan nomer 6, anda sudah mempunyai blog WordPress. Ketik url atau alamat anda di web-browser, anda bisa melihat tampilan blog anda. Jika anda tidak cocok atau ingin mengganti template atau tampilan anda bisa mengaturnya, lewat settingan pada blog WP anda, misalnya untuk merubah judul blog, membikin tag line atau deskripsi pendek atau singkat, mengganti tema/themes, atau memasang widget dan atau lain-lain.

1. Pengaturan Blog WP

Untuk mengolah semua dalam pengaturan di blog WordPress, Anda bisa melakukannya semuanya di dalam dashboard WP Anda, yaitu dengan membuka tombol link 'Pengaturan'. Terlihan pada bagian pengaturan terdapat sub-sub kategori pengaturan yang akan Anda edit atau rubah. Berikut ini adalah bagian important, penting dalam opsi pengaturan, adalah: umum, menulis, membaca, diskusi. Kenapa semua itu penting berikut adlah alasan serta penjelasannya lengkap.

Umum
Pada opsi ini, Kita bisa mengganti nama/judul blog dengan judul sesuai dengan nama keinginan, dan juga menambahkan tagline untuk blog Anda. Dalam opsi ini kita juga dapat melakukan banyak tindakan, dalam pengaturan lainnya di halaman ini kita bisa melakukan, yaitu menambahkan ikon untuk blog, mengganti format tanggal dan time. Jika sudah seperti keinginan, lakukanlah save, untuk menyimpan perubahaan yang Anda lakukan.

Menulis
Opsi ini kita dapat melakukan pengaturan tulisan, memilih kategori tulisan standar.

Membaca
Pada bagian ini Kita bisa mengatur tulisan yang akan ditampilkan pada halaman utama blog anda. 
Kita dapat membuat halaman statis atau halaman dinamis, Karena yang anda buat adalah blog, piihan yang terbaik adalah menampikan halaman dinamis. Dalam halaman ini, dapat juga untuk menentukan jumlah artikel yang akan ditampilkan di halaman utama. Jika tidak menginginkan hal spesial atau khusus, tetap biarkan saja settingan pada halaman ini secara default.

Diskusi – Opsi ini untuk mengatur bagaimana orang lain bisa berkomentar di blog Anda. Tidak ingin hal khusus, tidak apa untuk sebaiknya biarkan settingan default pada halaman ini.


2. Desain Blog WP

Kita juga dapat mengganti Themes serta menambahkan widget untuk Blog WordPress Anda. Mengatur theme dan widget dapat membua tampilan blog WP terlihat lebih bagus/baik dan tentu saja sesuai dengan keinginan pemilik blog. Buka tombol link 'Tampilan' yang terdapat pada dashboard blog wordpress Anda. Anda dapat mengatur Tema, Widget, Menu. 

Tema
Bagian ini kita dapat memilih theme/ tema yang sesuai dengan keinginan. Pada WordPress.com terdapat beberapa dan banyak tema gratisan dengan tampilan menarik. Penting: jangan memilih theme premium, pilih tema gratisan.

Widget
Pada bagian ini, adalah tempat menambah beberapa widget yang di inginkan, serta akan terlihat di bagian side bar blog WordPress. Penting: terlalu banyak widget akan berpengaruh terhadap kecepatan loading blog.

Menu
Bagian ini adalah untuk menambah link untuk menu melalui halaman ini. Contoh, jika ingin membuat halaman about, contact us, privacy policy, dsclaimer dan lainnya. Anda bisa membuatnya pada halaman ini.

Video Tutorial WP



3. Posting Konten di WordPress

Membuat tulisan adalah pada bagian ini, tekan tombol link “Tulisan”. Lihat dan perhatikan link yang ada di dashboard Anda:

Semua Tulisan
Bagian ini adalah link untuk melihat semua postingan artikel yang ada di blog Anda.

Tambah Baru: 
Bagian ini adalah link untuk membuat postingan/ konten baru di dalam blog Anda.

Kategori:
Bagian ini adalah link untuk melihat atau menambahkan kategori baru di blog wordpress Anda.
Untuk menuis postingan/artikel di WordPress.com dapat dikatakan mudah, bahkan jauh lebih mudah dibandingkan dengan platform yang ada. 

Judul konten 
Tulis judul yang sesuai dengan konten.

Halaman konten
Bagian ini anda dapat menuis konten berbentuk text (artikel), picture, dan video di page ini.

Menu formating
Perhatikan menu formating yang ada di halaman work WordPress. Kita dapat menambahkan link, atur text, ganti warna text, opsi menambah gambar dan video.

Kategori dan Tag
Penting membuat kategori dan tag untuk setiap konten artikel Anda. Ini akan membuat menjadi mudah untuk Anda dan pembaca blog Anda, guna untuk melihat artikel dengan dengan konten yang memiliki kategori atau tag tertentu.

Jika sudah selesai silahkan klik tombol “Terbitkan” berposisi disebelah kanan halaman kerja WordPress.


Baca Juga:
Cara Mengganti Template Pada Blogger Hasil Download
Cara Membuat Blog Di Blogger.com


Cara Meningkatkan Pengunjung Di Blog Tanpa Software 100% Ampuh

Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam membuat blog WordPress sendiri, dengan langkah sederhana, serta anda dapat membuat tampilan blog lebih baik. Terimakasih Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Tutorial Cara Membuat Blog Di WordPress Secara Gratis Alias Free"

Post a Comment

Jangan Lupa Subscribe Chanel Kami Ya. Mohon Dukungan Dan Motivasinya. Semoga Berkah. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel