Pengertian, Teknik dan Ragam Lengkap Dengan Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi Serta Penjelasan Oke

Konten [Tampil]

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

Seni rupa 3 dimensi merupakan karya seni yang diatur tak saja dengan sisi panjang dan lebar, melainkan juga diatur oleh kedalaman atau tinggi. Dalam bahasa singkatnya ialah karya seni yang memiliki volume dan menempati sebuah ruang.

Sehingga elemen ruang inilah yang menjadi pembeda antara karya seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi. Berikutnya seni 3 dimensi terus mengalami perubahan, bagus dari sudut pandang, contoh ruang, pola berkarya sampai jenisnya.

Teknik-Teknik Seni Rupa 3 Dimensi

Dalam pembuatan sebuah karya seni masing-masing tempat di Indonesia mempunyai bahan dan media yang berbeda-beda, tergantung dengan lingkungan daerahnya.


Hal hal yang demikian juga berlaku pada seni rupa 3 dimensi, berikut ini merupakan teknik-teknik yang awam digunakan dalam pelaksanaan pembuatan karya seni rupa 3 dimensi:

1. Teknik Aplikasi

Sebuah karya hias dalam seni menjahit dengan metode merekatkan bermacam-macam-tipe guntingan-guntingan kain yang berbentuk hiasan seperti hewan, bunga ataupun wujud lainnya pada sebuah kain lain sebagai hiasan.

2. Teknik Mozaik

Teknik membikin karya seni dengan metode melekat benda 3 dimensi yang dipegang dan diberesi dengan sedemikian rupa sehingga menjadikan lukisan.

3. Teknik Merakit

Teknik membikin sebuah karya seni dengan metode menyambung sebagian potongan bahan. Metode ini disebut dengan merakit dan hasil karyanya disebut rakitan. Metode menggabungkan bahan hal yang demikian bisa dengan metode dipatri, disekrup, mengelas atau dengan metode lainnya.

4. Teknik Pahat

Teknik menyusun suatu karya seni dengan buang bahan yang tak diperlukan. Metode membuatnya bisa menggunakan alat pahat, kikir dan martil. Umumnya bahan atau media yang digunakan merupakan bahan keras seperti batu, gips, kayu dan bahan lainnya.

5. Teknik Menuang atau Cor

Karya seni yang diciptakan dengan metode menuang bahan cair yang dituang pada sebuah alat cetakan. Sesudah bahan cair hal yang demikian mengeras, kemudian dikeluarkan dari cetakan. Bahan cair yang digunakan umumnya seperti semen, logam, gips atau karet.

Elemen-Elemen Seni Rupa 3 Dimensi

Karya seni rupa 3 diemnsi mempunyai elemen-elemen khusus seperti garis, bidang, warna dan juga wujud. Elemen-elemen seni rupa 3 dimensi ini digunakan untuk memperindah wujud pada karya seni rupa 3 dimensi.

Figur dari karya seni rupa 3 diemsni yang paling gampang dikenali merupakan patung. Hingga dikala ini seni patung terus berkembnag menjadi lebih bagus dan poin seni yang dimilikinya cukup tinggi.

Pembuatan yang diterapkan dengan media batu, kayu maupun logam ini memiliki poin jual yang cukup tinggi.

Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Karya seni rupa 3 dimensi bisa dengan gampang kita jumpai pada kegiatan kita sehari-hari. Berikut ini merupakan teladan karya seni rupa 3 dimensi yang awam dan kerap kali kita temui:


1. Kriya

Seni Kriya merupakan sebuah seni yang dalam membikin karyanya menitik beratkan pada ketrampilan tangan dengan konsisten memandang fungsi untuk mengolah bahan baku menjadi bahan yang memiliki poin guna dan juga poin estestis. Kriya juga lebih kerap kali mencontoh budaya dari pada penemuan kreatif yang kerap kali ditemukan secara individu oleh seorang perupa. Kriya bisa berbentuk sebuah karya dari tanah, batu, kayu, logam maupun kain.

2. Patung

Patung merupakan teladan karya seni rupa 3 dimensi yang paling gampang. Patung yaitu suatu teladan karya seni 3 dimensi yang terbuat dari benda padat ataupun lunak yang mempunyai panjang, lebar, ataupun tinggi.

Pembuatan patung bisa dihasilkan dengan menerapkan teknik memahat. Pada biasanya patung dihasilkan dari kayu, batu atau benda keras lainnya yang dipahat sedemikian rupa sehingga menjadikan wujud menyerupai hewan, manusia ataupun wujud lainnya.

3. Keramik

Seni keramik merupakan salah satu cabang seni rupa yang mengolah keramik menjadi sebuah karya seni tradisional ataupun kontemporer. Kerajinan keramik benar-benar banyak dan gampang kita jumpai pada perabotan rumah tangga seperti gucci, vas bunga dan lainnya.

4. Arsitektur

Seni arsitektur merupakan karya seni yang merancang suatu wujud dari bangunan. Tak cuma merancang, melainkan juga membangun suatu bangunan.

Demikianlah pembahasan kita menganai karya seni rupa 3 dimensi dan keterangannya. 

0 Response to "Pengertian, Teknik dan Ragam Lengkap Dengan Contoh Karya Seni Rupa 3 Dimensi Serta Penjelasan Oke"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel