Jangan Lupa Subscribe Chanel Kami Ya. Mohon Dukungan Dan Motivasinya. Semoga Berkah. Terimakasih.

Gender Alat Instrumen Gamelan Jawa

Konten [Tampil]

Alat instrumen Gamelan Gender. Gender adalah salah satu alat musik gamelan, yang merupakan salah satu alat penting. Dalam memukul atau menabuh alat ini memang dibutuhkan skill yang tinggi, karena pemain harus dapat menghafal cengkok dasar maupun cengkok khusus. Cengkok khusus adalah cengkok istimewa yang ditabuh dalam suatu gending-gending tertentu.

Pasangan yang utama dalam pagelaran wayang atau karawitan, adalah kendang, dan rebab. Dalam karawitan Rebab, Kendang dan Gender biasanya disingkat dengan RKG. Dalam sajian tanpa gender tidak akan terasa renyah, tanpa rebab tidak ada melodi, kendang pun sangat andil dalam mengatur irama.

Gender memiliki wilah sebanyak 14 wilah. Cara menabuh gender adalah dengan kedua tangan dengan tabuh berjumlah dua, tangan masing masing satu. Istimewanya tangan kanan dan kiri masing masing memiliki cengkok yang berbeda, kadang bersamaan dan saling berimbal ( bergantian ) saling menutupi. 

Keistimewaan tersebut akan indah saat didengar. Perpaduan kedua tangan yang membuat ukel dan melodi yang indah.
Gender yang beriringan dengan rebab dan berjalan sesuai dengan tempo yang dibuat kendang, sehingga akan tercipta suatu pagelaran yang estetik.

Berikut ini adalah alat gamelan Gender.


0 Response to "Gender Alat Instrumen Gamelan Jawa"

Post a Comment

Jangan Lupa Subscribe Chanel Kami Ya. Mohon Dukungan Dan Motivasinya. Semoga Berkah. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel