Kinanthi Dari Serat Wulangrèh Paku Buwana Lengkap Terjemahan Dan Makna

Kinanthi Serat Wulangrèh Karya Paku Buwana IV Surakarta. Berikut ini adalah salah satu bait tembang macapat pupuh Kinanthi, yang conggado.com kutip dari Serat Wulangreh karya I.S.K.S Pakubuwana IV Surakarta.

Makna dan terjemahan akan kami sediakan. Sekilas isi dari  Satu Pupuh dibawah ini adalah Ajaran tentang mengasah kalbu, yakni dengan cara melakukan puasa atau dengan mengurangi makan dan tidur agar peka menangkap insyarat alam, dalam bahasa Jawa "prihatin atau Nglakoni".

Berikut ini adalah Tembang Kinanthi Satu Pupuh yang kami kutip.

Padha Gulangen Ing Kalbu
Ing Sasmita Amrih Lantip
Aja Pijer Mangan Nendra
Kaprawiran Den Kaèsthi
Pasunen Sarinanira
Sudanen Dhahar Lan Guling

Terjemahan:

Kalian biasakanlah mengasah kalbu, agar pikiranmu menjadi tajam menangkap isyarat, jangan hanya makan dan tidur, jangkaulah sikap kepahlawanan, latihlah dirimu dengan mengurangi makan dan minum/puasa.


Makna dalam tembang kinanthi diatas menjelaskan serta mengajarkan kita untuk selalu melakukan perbuatan baik, senantiasa berprihatin dan berpuasa untuk membuka hati, selalu waspada dan tajam dalam pikiran hingga selalu selamat dan dilindungi oleh Tuhan.

Begitulah hikmah dan makna yang terkandung dalam satu Pupuh karya dari I.S.K.S Pakubuwana IV Surakarta. Walau baitnya sedikit namun memiliki arti yang dalam, ini adalah pitutur luhur untuk anak cucu generasi penerus. Semoga bermanfaat.


Video Tembang Kinanthi Serat Wulangreh



0 Response to "Kinanthi Dari Serat Wulangrèh Paku Buwana Lengkap Terjemahan Dan Makna"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel