Mengenal Abdul Karim Pembuat Keris Di Brunei Darussalam

Abdul Karim Bin Haji Ahmad adalah pembuat keris di Banar Sri Begawan, Brunei Darussalam. Jika dibandingkan dengan buatan para empu di Indonesia, keris karya Haji Abdul Karim masih tergolong sederhana. Seperti juga para pembuat keris di Brunei lainnya, bahan baku yang digunakan adalah besi dari kapal-kapal yang tenggelam, jangkar kuno, dan lain sebagainya yang semacam dengan benda-benda tersebut. Beliau tidak mencampur bahan tersebut dengan logam lainnya, serta juga tidak mencampurnya dengan bahan pamor. Dengan demikian, cara seperti itu pamor yang kadang-kadang timbul pada keris buatannya adalah pamor tiban atau pamor kodrat.

Abdul Karim Bin Haji Ahmad adalah pembuat keris di Banar Sri Begawan, Brunei Darussalam.

Haji Abdul Karim bin Haji Ahmad mulai belajar membuat keris pada tahun 1980, dengan bimbing oleh Cak Noor, yang didatangkan oleh pemerintah Brunei Darussalam dari Malaysia. Dibandingkan dengan para pembuat keris di Brunei lainnya, H. Abdul Karim tergolong paling produktif.

Berbeda dengan para empu pembuat keris di Indonesia, kehidupan H. Abdul Karim lebih ari cukup. Sebagai pembuat keris, ia menerima gaji tetap sebagai pegawai negri, bekerja di Pusat Kerajinan Tangan Brunei, di Kotabatu, Bandar Seri Begawan.

Selain itu, begitu setelah selesai dibuat, setiap keris buatannya langsung dibeli oleh pemerintah Kerajaan Brunei Darussalam dengan harga memadai. Tetapi jika mau, beliau juga bebas menjual pada penjualnya yang berminat.

Pada Tahun 1986 dan 1987 Haji Abdul Karim datang mengunjungi Jakarta untuk mempelajari budaya keris Indonesia. Diantaranya ia mengunjungi besalen keris di Anjungan Mataram Taman Mini Indonesia Indah, Pusat Keris Jakarta. Saat berada di Taman Mini, beliau sempat berbincang dengan Supriyanto, empu muda yang ketika itu masih bekerja membuat keris disana.

Baca Juga:
Abandira Atau Mandau Perlengkapan Seni Dan Hiasan Dinding
Istilah Abinan Orang Madura
Abu Bakar Empu Keris Dari Malaysia
Achim Weichrauch Antropolog Jerman Pecinta Budaya Keris
Dietrich Drescher Nahkoda Kapal Jerman Pecinta Keris


0 Response to "Mengenal Abdul Karim Pembuat Keris Di Brunei Darussalam"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel