Abu Bakar Empu Keris Dari Malaysia

Abubakar adalah salah seorang pandai besi di Kuala Trengganu, Kerajaan Malaysia, yang sampai tahun 1989 maih giat membuat keris. Dibandingkan dengan keris buatan Indonesia pada umumnya, karya Abubakar bisa dibilang lumayan atau sederhana. Walau begitu, pada turis yang datang mengujungi Abubakar, beliau mengaku masih keturunan langsung dari empu Majapahit. 

Abu Bakar Empu Keris Dari Malaysia

Abu Bakar tidak menggunakan bahan meteroit atau nikel sebagai bahan pamor keris buatannya. Bahan baku keris Abubakar adalah dari besi tempa biasa, dicampur dengan besi jari-jari roda dan rantai sepeda bekas. Dengan bahan demikian kemungkinan timbul atau munculnya pamor pada pusaka keris buatannya bersifat untung-untungan (dalam bahasa Jawa Beja-Bejan). 

Jika bahan keris dari besi jari-jari roda dan rantai sepeda tersebut terbuat dari bahan nikel, pamor akan terlihat lumayan jelas. Tetapi jika tidak mengandung nikel juga tidak akan timbul sama sekali pamor keris yang dibuatnya.

Baca Juga:
Abandira Atau Mandau Perlengkapan Seni Dan Hiasan Dinding
Mengenal Abdul Karim Pembuat Keris Di Brunei Darussalam
Istilah Abinan Orang Madura
Achim Weichrauch Antropolog Jerman Pecinta Budaya Keris
Dietrich Drescher Nahkoda Kapal Jerman Pecinta Keris


Beliau selain membuat keris dengan ukuran sebenarnya, juga membuat keris dengan ukuran kecil untuk para wisatawan atau turis yang datang mengunjunginnya, untuk cendera mata. Dibantu oleh anak-anaknya beliau dapat membuat keris dan menyelesaikannya dengan jumlah 20 keris kecil kodian.

0 Response to "Abu Bakar Empu Keris Dari Malaysia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel