Achim Weichrauch Antropolog Jerman Pecinta Budaya Keris

Achim Weichrauch adalah seorang antropolog bangsa Jerman yang juga pencinta budaya keris. Ia juga mengambil gelar doktornya dari Univeritas of Basel, Switzerland, dengan keris sebagai obyek penelitian. Akhir tahun 1997, kemudian 1999, dan bulan April 2000, Achim bersama Diectrich Descher, seorang pecinta budaya keris dari Jerman, datang ke Indonesia.  

Achim Weichrauch adalah seorang antropolog bangsa Jerman yang juga pencinta budaya keris.

Kedatangannya yang terakhir ini adalah untuk membuat percobaan pengecoran pasir besi dari Cilacap, untuk dijadikan bahan pembuatan keris. Pengecoran keris dilakukan secara tradisional di Sekolah Tinggi Seni Indonesia Surakarta ( sekarang Institut Seni Indonesia Surakarta). Bahan dari 500 kg pasir besi, mereka mendapat lebih kurang 25 kg besi spon, bahan tempa. Dari bahan besi cor itu mereka membuat dua bilah keris dan sebilah wedung kecil yang indah.

Baca Juga:
Abandira Atau Mandau Perlengkapan Seni Dan Hiasan Dinding
Mengenal Abdul Karim Pembuat Keris Di Brunei Darussalam
Istilah Abinan Orang Madura
Abu Bakar Empu Keris Dari Malaysia
Dietrich Drescher Nahkoda Kapal Jerman Pecinta Keris

Budaya Keris dipelajari oleh Achim juga meliputi adat istiadat dan berbagai etika yang berlaku dalam dunia perkerisan. Karenanya pemuda Jerman tersebut juga belajar bahasa Jawa dan bahasa Indonesia. Karya tulis Achim Weichrauch adalah Der Kris In Indonesian. Lihat Dieth Drescher.

0 Response to "Achim Weichrauch Antropolog Jerman Pecinta Budaya Keris"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel