Empu Singkir Wanabaya Dari Majapahit

Empu Singkir atau lengkapnya Singkir Wanabaya, ialah pembuat keris terkenal dari Majapahit, yang kemudian tinggal di Kadipaten Blambangan. Keris Buatannya punya tanda-tanda sebagai berikut: ukuran panjang bilahnya sedang, lebarnya sedang, tetapi bang-kekan-nya ramping.

Dibandingkan dengan keris zaman Majapahit paa umumnya, keris buatan Empu Singkir agak lebih tebal. Gulu meled paa ganjanya kekar, besar. Tempaan besinya matang, bewarna hitam kebiruan. Jika membuat pamor miring amat rapi, jika membuat pamor mlumah lembut dan jelas. Motif pamor yang paling banyak dia buat adalah pamor motif Adeg.

Secara umum penampilan keris buatan Empu Singkir berkesan wingit, terampil dan meyakinkan (sembodo). Masih ada lagi Empu Singkir yang lain dalam dunia perkerisan. Empu Singkir yang kedua adalah nama alias dari Empu Angga, seorang empu dari Pajajaran.

Baca Juga:

Nama Singkir dikena orang sebagai nama kedua Empu Angga, karena suatu ketika, sebelum membuat keris ia menyingkir dari pergaulan masyarakat, menyepi di sebuah pulau kecil di tengah laut. Saat di Pulau itu empu yang disebut juga dengan Empu Tapak ini, membuat keris yang memiliki tuah antibahaya api. Keris semacam ini biasanya disebut keris singkir geni atau dalam bahasa Indonesia anti api.

Dalam bahasa perkerisan di antara orang awam, keris semacam ini biasanya disebut keris cung-pet, yen diacungke pet, atau jika diacungkan langsung mati apinya. Orang yang lama mendalami keris tahu bahwa tidak ada keris yang seperti itu, karena keris bukan untuk bermain sulap. Jika Keris memiliki anti api, pemilik yang terlindung dari api adalah karena perlindungan Tuhan, saya kira tidak ada hubungannya dengan keris tersebut.

Baca Juga:

0 Response to "Empu Singkir Wanabaya Dari Majapahit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel