Pamor Motif Adeg (Pamor SIngkir)

Adeg sebenarnya adalah penamaan umum atas motif gambaran pamor yang bentuknya menyerupai garis membujur dari pangkal ke ujung bilah keris atau tosan aji lainnya. Garis pamor tersebut tidak boleh terputus Tebal garis kira-kira antara 0,5 mm hinga 4 mm. Pamor Adeg ini tergolong pamor rekan, yakni motif pamor yang bentuknya dirancang lebih dulu oleh si empu.

Motif gambaran pamor Adeg oleh sebagian pencinta keris dianggap memiliki tuah untuk tolak bala atau musibah yang tidak diinginkan. Misalnya, untuk menangkal serangan yang tidak kasat mata dan sebagainya.

Baca Juga:
Ada-Ada Pada Ricikan Keris
Empu Singkir Wanabaya Dari Majapahit


Pamor Keris Motif Adeg

Pamor Adeg tergolong pamor pemilih, tidak semua orang dapat memilikinya. Ada beberapa macam pamor Adeg, diantaranya Adeg Mrambut, Adeg Sapu, Adeg Siji, Adeg Telu. 

Garis-garis pamor Adeg Mrambut adalah yang paling tipis, paling halus sekitar 0,2 mm. Lebih kasar dan lebih tebal disebut dengan Adeg Sapu. Adeg Siji atau Sada Saler garisnya paling tebal sampai sekitar 4 mm.

pamor adeg motif

Ada beberapa pecinta keris yang menyebut pamor Adeg dengan pamor Singkir. Penyebutan terebut tidak tepat, karena sebenarnya Singkir adalah nama seorang Empu, dan kebanyakan keris buatannya kebetulan adalah Pamor motif Adeg. Keris motif Adeg diharapkan bisa menangkal bahaya (singkir geni, singkir baya, dan lain lain). Walau tidak tepat namun sebutan pamor Singkir sudah menjadi umum pada masyarakat.
Dilihat atau ditinjau dari pembuatannya, pamor ini termasuk pamor miring, karena saton-nya diletakkan tegak lurus terhadap inti bilah.

0 Response to "Pamor Motif Adeg (Pamor SIngkir)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel