Jangan Lupa Subscribe Chanel Kami Ya. Mohon Dukungan Dan Motivasinya. Semoga Berkah. Terimakasih.

Apa Itu Pajak Reklame Dan Cara Menghitungnya

Konten [Tampil]
Reklame adalah media promosi paling disukai bagi para pengusaha di kota besar. Akan tetapi sayang, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara menghitung pajak reklame dan berapa bandrol tarif keseluruhan untuk memasang promosi berbentuk reklame di pinggir jalan. Reklame tersebut, ada beberapa macam. Pada tiap jenis mempunyai golongan wajib pajak yang tidak sama atau berbeda-beda. Hingga sekarang, reklame masih menjadi sarana yang berpengaruh atau efektif untuk tujuan memperkenalkan atau untuk promosi barang, jasa, orang atau badan yang dapat memberikan informasi kepada khalayak umum. 

Reklame dapat berwujud papan, reklame peragaan, reklame selebaran, stiker, kain, reklame berjalan dan lain sebagainya. Kemudian, selain hal tersebut reklame memiliki fungsi juga untuk menganjurkan atau menarik perhatian umum kepada sesuatu yang diperlihatkan.

Apa Itu Pajak Reklame Dan Cara Menghitungnya

Reklame secara garis besar dapat dibedakan menjadi dua jenis yakni Reklame Produk dan Reklame Non-Produk.

Mari kita ambil contoh Peraturan Gubernur DKI Jakarta sebagai dasar acuan dalam mendefinisikan kedua istilah reklame tersebut. 

Pertama, Reklame Produk merupakan reklame yang berisi tentang suatu barang ataupun jasa yang mana tujuan reklame tersebut adalah semata-mata hanya untuk keperluan promosi.Hal ini sesuai dengan Pergub DKI Jakarta Pasal 1 angka 11 Nomor 27 Tahun 2014. 

Kedua, Pada Pergub Nomor 27 tahun 2014 Pasal 1 angka 10, menyatakan bahwa Reklame Non Produk adalah jenis reklame yang semata-mata memuat nama perusahaan/badan/nama profesi atau usaha, termasuk juga logo, simbol atau identitas badan/perusahaan dan usaha yang dapat diketahui oleh khalayak umum.

Membedakan kedua reklame tersebut sering membuat bingung.  Misalnya, Pak Roni adalah ketua Lembaga Pendidikan A dan ingin mengenalkan sekolahnya ke masyarakat umum lengkap dengan segenap program, dan visi misinya. Dalam contoh ini berarti Pak Roni sedang ingin mempromosikan sebuah lembaga pendidikan. Apa reklame yang cocok yang di buat Pak Roni?, reklame produk atau non-produk? jawaban alam kasus ini, kembali apa dulu yang ingin dimuat iklan reklame tersebut, apa  sebatas logo dan nama sekolah tersebut? Jika dengan jasa/produk sekolah sebagai suatu yang dikomersilkan? Bila sebatas nama dan logo sekolah, maka iklan reklame yang dipilih Pak Roni adalah reklame non produk. Bila tercantum jasa atau produk komersil maka termasuk reklame produk. Mengenal Lebih Jauh tentang Pajak Reklame.



0 Response to "Apa Itu Pajak Reklame Dan Cara Menghitungnya"

Post a Comment

Jangan Lupa Subscribe Chanel Kami Ya. Mohon Dukungan Dan Motivasinya. Semoga Berkah. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel