Jangan Lupa Subscribe Chanel Kami Ya. Mohon Dukungan Dan Motivasinya. Semoga Berkah. Terimakasih.

Bawa Podang Kuning, Asmaradana Laras Slendro

Konten [Tampil]
Tembang macapat sering dimasukan dalam karawitan, pewayangan, dan bahkan campursari. Jaman sekarang banyak sekali karya-karya yang muncul dari seniman seniman Jawa.

Salah satu seniman yang populer pembuat karya langgam yaitu H. Syukron Suwanda dari Jawa Timur. Beliau banyak menciptakan langgam beserta tembang bawanya (Bowo). Beberapa hasil karyanya adalah langgam Sri Huning, Sesidheman dan lainnya.

Pada artikel tentang tembang macapat kali ini, conggado.com akan memberikan salah satu Bowo yang populer lengkap dengan terjemahan arti, penjelasan, dan makna yang terkandung dalam Asmaradana dibawah ini.


Bawa Asmaradana Podang Kuning


Nadyan Mung Wujud Peksi
Agawe Talining Brangta
Alus manis merak ati
Wis suwe nggonku lĂȘlana
Goleki si podang pita
Iba bungahing atiku
Nyanding bisa dadi tamba

Arti Terjemahan:

Walau hanya seekor burung
Membuat tali asmara
Lemah lembut, manis dan membuat senang hati
Sudah lama aku berkelana
Mencari podang bunga hatiku
Akan senang dalam hati
Bisa menyanding dan menjadi obat hati

Keterangan

Bawa Asmaradana diatas biasanya ditembangkan dengan laras slendro. Bawa ini adalah khusus untuk langgam Podang Kuning, tembang macapat diatas dilagukan sebelum mulai langgam Podang Kuning.

Tentunya tembang diatas merupakan sebuah kiasan atau mengisyaratkan sesuatu rasa kepada seorang lawan jenis. Maknanya tentang cinta, perasaan seseorang yang mendambakan seseorang.

Watak

Tembang diatas memiliki watak senang, lembut dan tegas.

Makna

Makna atau hakekat tembang diatas, adalah sebuah harapan untuk bisa menyanding dan hidup bersama, karena telah lama pencarian dalam hidup akhirnya bertemu dengan podang kuning. Podang Kuning adalah burung yang kecil dan indah, kuning adalah warna, nah disini penggambaran untuk seorang wanita yang kecil dan kuning kulitnya. Wanodya tersebut membuat jatuh hati dan ingin hidup bersama untuk mengisi kekosongan hidup dalam pencarian mencari cinta sejati.

Sekian pembahasan tentang tembang Asmaradana, Podang Kuning lengkap dengan Arti, terjemahan, penjelasan, watak dan makna. Semoga bermanfaat terimakasih.

0 Response to "Bawa Podang Kuning, Asmaradana Laras Slendro"

Post a Comment

Jangan Lupa Subscribe Chanel Kami Ya. Mohon Dukungan Dan Motivasinya. Semoga Berkah. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel