Cara Daftar dan Verifikasi Google Bisnisku

Konten [Tampil]
#Google Bisnis
Jika ada yang mencari sebuah produk, yang mungkin itu produk anda, atau mereka mencari nama toko dan jasa yang anda miliki, apa yang akan muncur dalam pencarian Google Search?

Akan kah muncul seperti gambar screenshoot di bawah ini?



Informasi bisnis yang tampil dan muncul dimuka depan dalam hasil pencarian Google merupakan salah satu fitur Google Bisnisku atau dalam bahasa Inggris Google My Business yang mendukung  para pemilik bisnis.

Google Bisnisku? Apa itu? Belum Tahu?

Nah, yang bernama Google Bisnisku merupakan fitur untuk para pengusaha atau pemiliki suatu bisnis. Fitur yang disediakan oleh Google, memiliki fungsi untuk mempermudah para calon konsumen, dalam hal untuk memberikan banyak informasi dan detail lengkap bisnis yang dimiliki. Akan tertera nama bisnis, alamat lengkap perusahaan, gps atau denah jalan menuju lokasi, contact perusahaan, keterangan email perusahaan, jam buka atau tutup (operasnional), alamat/link website perusahaan, dokumentasi photo view kantor, dan juga review komentar, peringkat dari konsumen..

Apakah Manfaat dari Google Bisnisku

Jika anda belum memiliki fitur hebat ini, yang mana ketika orang mencari dalam kolom ketika enter muncul informasi bisnis seperti gambar di atas, maka sebaiknya bisnis yang Anda handel anda daftarkan. Tidak dipungkiri Google Bisnisku sangat banyak manfaat, tentu dapat menunjang kesuksesan besar bisnis Anda. Mari kita simak manfaat dan fungsi Google Bisnisku:

1. Menyuguhkan Informasi yang Valid

Riset online sering dilakukan oeh orang orang yang mempunyai smartphone sebelum mereka membeli barang yang mereka inginkan. Sekitar 95 perseni Di Inonesia yang masuk dalam era digital ini menggunakan teori dan praktek riset online.

Cara ini untuk mendapatkan kepastian, sebeum mereka mendatangi toko, restoran atau kios tempat penjualan barang yang mereka inginkan, atau bahkan jasa. Jadi jika Anda memiliki bisnis, dengan Google Bisnis harus bisa memberikan online presence yang terbaik.

Dengan memberikan informasi bisnis yang valid dan terpercaya akan menjadikan usaha anda semakin berkembang. Google Bisnisku menjadikan bisnis anda akurat karena memungkinkan anda untuk memberikan informasi bisnis yang valid dan terpercaya. Hal ini karena fitur Google Bisnisku hanya bisa diverifikasi oleh pemilik bisnis.

2. Hidangan Informasi Lengkap Serta Aktual

Informasi lengkap serta aktual juga sangat penting selain anda sebagai pemilik bisnis menyuguhkan informasi valid dan otentik. Fitur Google Bisnisku memiliki optimasi seperti informasi dari nama, deskripsi, jam operasional, hingga review untuk para pelanggan.

3. Google Maps Memunculkan Bisnis Anda

Mendaftarkan usaha anda misalnya kantor, restoran, atau perusahaan Anda di Google Bisnisku, maka otomatis muncul di Google Maps. Konsumen yang ingin datang ke lokasi bisnis Anda akan dimudahkan rutenya dengan bantuan Google Maps.

4. Pencarian Google Menampilkan Bisnis Anda

Informasi usaha anda yang lengkap dan valid akan muncul saat konsumen mencari produk atau jasa yang anda miliki, saat orang melakukan pencarian atau searching di Google. Jadi selain Google Maps, bisnis Anda di Google, akan muncul deretan informasi bisnis Anda yang terletak pada sebelah kanan hasil pencarian.

Saat orang mencari keyword tentang produk bisnis anda, biasanya juga akan muncul pada daftar all search..

5. Mendapatkan Review dari Pelanggan

Review pelanggan mempunyai pengaruh besar pada usaha anda. Ya benar saja, riset Trustklik 70 persen konsumen Indonesia percaya pada review online pelanggan lain. Menurut penelitian dan survey calon konsumen bahkan percaya 12 kali para review ketimbang produk itu sendiri.

Jika Anda bisa membuat puas pelanggan, review yang akan mereka tulis pada komentar, serta lencana bintang sangat mempengaruhi dan memiliki manfaat besar pada usaha Anda.

6. Media Komunikasi Para Pelanggan

Fitur Tanya Jawab, juga tersedia di Googl Bisnisku. Para pelanggan atau calon konsumen bisa bertanya jawab tentang usaha anda. Pertanyaan yang muncul pada kolom bisa dijawab oleh pemiliki bisnis maupun para Pelanggan.

7. Alat Analisis Pelanggan

Dengan fitur Analytics, kita bisa melakukan analisis para pelanggan. Akan terihat performa usaha anda dibandingkan dengan bisnis yang lain. Fitur Googe Bisnis akan meng-analis para pelanggan yang menemukan bisnis Anda, serta juga interaksi pelanggan dengan bisnis Anda.


Cara Untuk Daftar dan Verifikasi 

1. Pertama  Buka Google Bisnisku, kemudian klik Kelola Sekarang


2. Kedua Tulislah nama bisnis yang Anda miliki



Kemudian Akan tampil layar seperti dibawah ini:
" Apakah anda ingin menambahkan lokasi yang dapat dikunjungi pelanggan, seperti tokok atau kantor?", Anda pilih "Ya" dan kik"Berikutnya".

3. Ketiga, Isi lengkap alamat kantor, toko, atau restoran Anda.



4. Keempat, sesuaikan alamat atau lokasi akurat kantor Anda di Google Maps, bilamana calon konsumen ingin ke alamat langsung bisnis Anda.



5. Kelima, tulis kategori yang sesuai dengan bisnis yang anda jalankan. Misalnya anda akan membuka tempat penjualan berbagai macam minuman seperti kopi, ice tea, atau jus anda bisa menlis kategori Cafe. Saat orang ingin nongkrong atau sekedar untuk bertemu dengan teman mereka akan menulis Cafe atau Kafe, maka bisnis anda akan tampil dalam pencarian Google.


6. Keenam, langkah seanjutnya isilah telepon atau Handphone anda, saya sarankan untuk yang khusu menrima telfon atau pesan dari pelanggan. Bila bisnis anda sudah mempunyai website silahkan isi pada kolom bawahnya nomer telfun. Lihat gambar ibawah ini:

Anda belum mempunyai website, silahkan membutnya di Blogger atau Wordpress.


7. Langkah ini, merupakan piihan anda untuk menerima newsletter dari Google atau jika tidak ingin pilih opsi tidak.


8. Langkah ke delapan ini merupakan cara verifikasi Google Bisnisku.
Apakah pentingnya Verifikasi Google Bisnisku?

  • Untuk melindungi bisnis dari pihak tak bertanggung jawab. 
  • Melindungi informasi bisnis Anda
  • Akan mendukung reputasi baik dimata pelanggan.


Pastikan informasi yang lengkap dan benar pilih verifikasi, lalu silahkan mengisi nama penerima surat.  angkah seanjutnya klik Kirim Kartu Pos.  Anda harus tunggu surat dari Google datang ke alamat Anda. Ketika proses verifikasi, Anda tidak dapat mengubah informasi yang sudah ditulis sebelumnya.

9. Pada proses pengiriman surat Google tidak sama atau berbeda karena tergantung lokasi. Setelah Anda mendapat suratnya, lanjutkan proses verifikasi menggunakan kode verifikasi yang tertulis dalam surat dari Google..

10. Lanjut dengan:  Buka Google Bisnisku dan pilih menu verifikasi lokasi. Kemudian masukkan kode verifikasi dari surat Google. Verifikasi Google Bisnisku selesai.



Melengkapi Profil Google Bisnisku

Jika verifikasi berhasil, lengkapi informasi bisnis. Ketika pendaftaran seperti yang sudah dijelaskan dengan gambar diatas, sudah Anda isi alamat bisnis, kategori bisnis, informasi kontak, serta website. Verifikasi yang anda dapat dari surat dan selanjutnya, kini Anda bisa menambah berbagai informasi untuk pendukung. Berikut informasi-informasi yang perlu Anda tambahkan:

1. Deskripsi Bisnis

Silahkan deskripsi dengan tuisan bisnis anda minimal dengan 750 karakter. Fungsikan dan manfaatkan dengan maksilam fitur ini untuk menjelaskan bisnis Anda kepada para calon pelanggan.  Dengan deskripsi singkat dan jelas serta bergerak di bidang apa. Jangan lupa produk unggulan  dan  informasi penting lainnya.  Anda dapat melakukan edit diskripsi Google Bisniku bila suatu saat ada atau mengalami perubahan.



2. Foto

Langkah selanjutnya masukan foto, sebenarnya foto bersifat opsional, namun foto komponen penting di Google Bisnisku.  Masukkan foto kantor, perusahaan, pabrik, atau restoran Anda. Foto dapat meyakinkan pelanggan untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda. Isikan Foto, Foto Sampul atau video jika anda mempunyai kontennya.



3. Jam Operasional

Jam operasional bisnis Anda harus anda tambahkan, ini untuk memudahkan pelanggan menentukan waktu dan kapan mereka bisa datang ke tempat bisnis Anda. Para pelanggan akan enggan datang kembai jika mengetahui tokok atau usaha bisnis anda tutup. Jam Operasional sangatlah penting, apalagi untuk bisnis-bisnis kuliner atau seperti restoran atau rumah makan.



4. Fasilitas

Menambahkan fasilitas yang memungkinkan di bisnis Anda. Jika ada, sediakan jasa atau fasilitas plus untuk anda tawarkan.



5. Menu

Tambahkan daftar menu di Google Bisnisku. Menu atau produk andalan Anda di Google Bisnisku agar pelanggan bisa mengetahui apa saja yang Anda tawarkan. Bisa anda isi dengan item barang atau produk beserta harga atau IDR-nya.



Kesimpulan

Sebagai pengusaha yang mempunyai bisnis, entah bisnis online atau usaha penjualan jasa di era teknologi kita harus selalu mencari informasi yang terkini atau up date. Fitur dari Google Bisniku ini merupakan fitur gratis dan sangat membantu bisnis untuk berkembang dan diketahui oleh para pelanggan.

Memasukkan usaha kita dalam Google Bisnis sangat berpengaruh besar terhadap pengenalan kepada pelanggan, karena tidak seikit pelangan yang melakukan riset online untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan melalui Google.

Lewat Fitur Google ini Anda dapat mempromosikan produk, jasa dan item anda. Namun jangan lupa untuk selalu memuaskan para pelanggan dengan layanan bisnis Anda. Untuk menjadikan nyaman dan kepercayaan akan usaha dan produk-produk anda.

0 Response to "Cara Daftar dan Verifikasi Google Bisnisku"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel